Suka Bernyanyi? Ini Cara Melatih Vokal Penyanyi

bernyanyi

Bernyanyi memang menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan bernyanyi maka mereka dapat mengekspresikan diri sesuai dengan bakat yang ada dalam dirinya. Bahkan tidak sedikit yang juga dapat meraih kesuksesan lewat bakat menyanyi yang mereka miliki. Bagi Anda yang memiliki bakat sebagai seorang penyanyi, Anda dapat mengasah bakat tersebut dengan melakukan latihan secara rutin. Berikut ini beberapa cara melatih vokal penyanyi yang dapat Anda coba.

1. Mengucapkan Huruf-Huruf Vokal
Huruf vokal, tentunya Anda sudah mengenal betul apa itu huruf vokal. Dalam bernyanyi sendiri pengucapan huruf vokal menjadi salah satu aspek yang dinilai untuk mengukur kualitas seorang penyanyi. Anda dapat mencoba melatih pengucapan beberapa huruf vokal, seperti “A, I, dan O”. Ucapkan huruf dengan jelas, sehingga para pendengar dapat mengerti terhadap huruf yang Anda lantunkan saat bernyanyi.

2. Melatih Cara Bernapas
Faktor penting lainnya ketika Anda bernyanyi adalah bagaimana Anda dapat mengatur pola napas Anda dengan sebaik-baiknya. Pola napas ini sangat berdampak pada kemampuan vokal Anda untuk melantunkan nada demi nada. Oleh sebab Anda harus melatih cara mengambil napas saat sedang bernyanyi. Biasanya para penyanyi yang telah berpengalaman akan lebih cenderung menggunakan pola pernapasan perut. Anda dapat melakukan penarikan napas dengan perut, kemudian menahannya lebih kurang 10 detik. Selanjutnya dihembuskan secara perlahan dengan hitungan waktu10 detik pula. Lakukan cara secara rutin untuk mendapatkan pola pernapasan terbaik Anda.

3. Melatih Vokal dengan Hamming
Pada dasarnya Hamming merupakan salah satu teknik latihan vokal dengan cara menutup mulut. Pada saat mulut tertutup, Anda dapat melantunkan berbagai nada dengan cara mengeluarkan dengungan. Lakukan hamming secara bertahap dengan memulainya dari nada rendah hingga pada nada-nada tinggi. Bagi Pemula, Anda tidak disarankan untuk langsung melakukan hamming ini dengan nada tinggi.

4. Berlatih Vokal dengan Lagu “Sederhana”
Cara melatih vokal penyanyi berikutnya adalah mencoba bernyanyi dengan lagu-lagu “sederhana”. Maksudnya Anda dapat memilih jenis lagu dengan nada yang rendah untuk membiasakan vokal yang Anda miliki. Pilihlah jenis genre lagu yang memang Anda gemari, seperti Pop, Jazz, atau pun Dangdut. Lakukan latihan vokal dengan rutin, bila menggunakan iringan musik seperti Gitar maupun Piano. Akan lebih baik jika Anda merekam latihan vokal tersebut dengan tujuan untuk mendengarkannya kembali. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi terhadap latihan yang telah dilakukan.

Itulah tadi beberapa cara melatih vokal penyanyi yang dapat Anda lakukan di rumah maupun di tempat-tempat kursus bernyanyi. Lakukan cara-cara di atas secara konsisten dan berkesinambungan. Dengan begitu, vokal Anda sebagai Penyanyi dapat terus terasah hingga bisa menjadi seorang penyanyi profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *