Pengiriman Motor via Kereta Api

Pengiriman barang bukanlah menjadi hal yang baru dan sudah menjadi kegiatan sehari – hari di zaman serba canggih ini. Pengiriman barang dapat dilakukan dengan menggunakan beragam transportasi bantuan. Apabila barang yang akan dikirimkan bukan termasuk barang berat dan dilakukan antar kota, mungkin transportasi darat seperti mobil box bisa digunakan.

Akan tetapi, jika barang yang akan dikirimkan termasuk barang, akan lebih mudah jika menggunakan bantuan transportasi seperti kereta api. Salah satu contoh pengiriman barang yang dapat menggunakan bantuan jasa transportasi kereta api adalah pengiriman motor. Seperti yang kita ketahui, motor merupakan contoh barang berat dan akan sulit jika pengiriman dengan mobil.

Pada dasarnya, sistem pengiriman barang berat seperti motor ini sama dengan sistem mengirim barang lainnya. Pertama – tama, hal yang harus Anda lakukan tentu adalah memesan atau order terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan diminta untuk melunasi pembayaran dan setelahnya secara otomatis Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pengiriman siap dilakukan.

Umumnya, pengiriman barang seperti ini selalu ramai permintaan dan akan semakin meningkat di saat hari – hari besar atau hari raya. Lantas, bagaimana dengan harga yang haru dikeluarkan? Menurut sumber terpercaya, masalah harga untuk pengiriman bisa sangat bervariasi karena bergantung pada jarak yang akan ditempuh ketika melakukan pengiriman barang sepeda motor.

Sebagai contoh, untuk pengiriman motor ke daerah Jawa Tengah akan dikenakan harga sebesar Rp 100.000,00 per 10 kg pertama, sementara untuk berat selebihnya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 3.000,00 per kilogram. Adapun tarif ini juga digolongkan menjadi beberapa segmen serta kategori lainnya.

Pengiriman barang seperti sepeda motor yang dilakukan dengan bantuan jasa transportasi kereta api biasanya dipilih banyak orang karena tidak membutuhkan waktu yang lama serta tarif yang dibebankan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan jasa angkut transportasi lainnya. Tentu seperti yang sudah dibahas, harga masih sangat bergantung dengan jarak dan juga unit.

Selain harga, beberapa hal berikut ini juga wajib diperhatikan sebelum melakukan pengiriman barang sepedaa motor melalui jasa angkutan transportasi kereta api. Hal – hal tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Jangan lupa untuk mengosongkan bahan bakar di tangki guna menghindari terjadinya kecelakaan seperti kebakaran saat pengiriman berlangsung.
  2. Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk diserahkan kepada petugas pengiriman agar dapat dicocokkan dengan STNK yang asli ketika sepeda motor sampai di tempat tujuan.
  3. Memeriksa ulang kondisi barang sepeda motor yang sudah sampai untuk memastikan tidak terjadi kesalahan pengiriman atau kerusakan yang mungkin saja terjadi selama proses pengiriman berlangsung.

Demikian penjelasan mengenai pengiriman barang sepeda motor via jasa transportasi kereta api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *