Konsep Surealis Album Coup D’etat G Dragon

D’etat G Dragon

Siapa bilang kalau music tidak bisa mesra dengan ide-ide surealis yang terkenal dengan konsep tidak biasa, sering menjungkirbalikkan realitas dengan realitas baru. Surealis merupakan alat untuk memahami realitas di lingkungan kita dengan cara yang unik.

Bila dalam sebuah lukisan bisa dilihat bentuk visualnya tidak biasa, ada fakta yang saling tumpah tindih yang menyebabkan orang-orang akan bolak-balik berpikir sebelum membuat keputusan atas fakta yang dilihatnya, maka bagaimana jika surealis dibawa ke dalam sebuah album music?

G-Dragon adalah sosok bintang K-pop yang membawakan konsep tersebut ke dalam albumnya, Coup D’etat yang dirilis tahun 2013. Meski sudah lama namun konsep albumnya dapat dibicarakan kapan saja karena ada persoalan yang ditunjukkan oleh penyanyi dan rapper G-Dragon terkait dengan fakta-fakta tertentu yang disematkannya dalam lirik lagu.

D’etat G Dragon

Artikel ini tidak membahas lirik lagu

Artikel ini tidak sedang mengurai arti atau makna lirik lagu, tidak juga sedang mengurangi makna konsep album G-Dragon melainkan sedang membicarakan pilihan artistik yang tidak biasa milik G-Dragon. Penyanyi yang bernaung di bawah manajemen YG Entertainment ini seringkali menjadi sutradara dan penulis untuk lagunya sendiri.

Ia membawa konsepnya sendiri secara matang, bersama tim kemudian mewujudkannya menjadi sebuah album sempurna yang layak dinikmati oleh penggemarnya. Fandom VIP sangat kuat, jadi memberikan konsep yang biasa saja bisa jadi akan membuat G-Dragon akan kehilangan penggemarnya.

Sejak awal kemunculannya, ia sudah nampak nyentrik, semakin lama ia nampak semakin matang untuk memperlihatkan selera seninya yang cenderung kea rah surealis. Bila mengamati isi postingan Instagramnya, G-Dragon sering memposting koleksi lukisannya yang beraliran surealis.

Hal yang sama sangat kental dalam albumnya Coup D’etat. Ia menampilkan seni instalasi untuk mendukung seluruh isi lagunya.

Nyentrik dan Asyik

Bagi yang tidak terbiasa dengan konsep pemilik nama asli Kwon Ji Yong ini pasti akan merasa aneh, tapi inilah keunikan G-Dragon setiap kali comeback dengan album barunya, ia memberikan seni video music yang berbeda dari musisi lainnya di Korea Selatan.

Anda bisa mengamatinya secara intensif dalam album Coup D’etat, caranya menyampaikan ide-ide, gagasan, dan opininya terhadap lingkungannya dalam album ini sangat artistik. Kekejaman, keserakahan, ironi, dan lain sebagainya dikemas dengan rapih, meminjam unsur topeng, wanita, pendulum besar, patung wajah besar yang hampir rusak, dan lain sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *