Cara Kerja Septic Tank

Taukah anda bagaimana cara kerja septic tank yang ada dalam rumah anda? sejatinya tampungan ini merupakan sebuah tempat yang wajib harus di miliki dalam setiap rumah tangga. Fungsinya sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga, namun pada kenyataannya tak melulu setiap rumah tangga memiliki bak penampungan sebagai tempat pembuangan limbah. Alternatif yang di pilih adalah dengan memanfaatkan kolam serta sungai-sungai terdekat dengan rumah untuk membuang semua limbah rumah tangga.

Cara Kerja Septic Tank

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya, selain bagi manusia juga bagi lingkungan sekitar. Selain menjadi tercemar, lingkungan menjadi tidak sehat akibat banyaknya limbah rumah tangga yang di buang ke sungai ataupun kolam. Cara yang paling efektif adalah dengan membangun sebuah bak untuk menampung segala limbah yang di hasilkan dalam rumah tangga. Terutama limbah kotoran yang di alirkan melalui kloset.

Proses Penguraian Limbah Di Dalam Septic Tank

Dalam membuat sebuah bak pun tentunya harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Untuk bisa membuat sebuah bak penampungan limbah tentu saja harus berada jauh dari letak sumber air di rumah anda, untuk menghindarkan terkontaminasinya sumber air bersih dari air limbah. Lalu bagimana cara kerja tampungan kotoran yang ada di rumah kita? Berikut informasinya untuk anda.

Septic tank kini tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menampung limbah dari kloset saja, namun juga dapat di gunakan sebagai tempat untuk memproses air limbah tersebut untuk kemudian di alirkan ke dalam sumur resapan. Terdapat sebuah proses kimiawi yang terjadi dalam bak penampungan yakni proses penguraian, di sini bakteri pengurai menjadi pemeran utama dalam hal ini. bakteri tersebut berfungsi untuk menguraikan limbah.

Ada dua macam bakteri yang berkembang di dalam bak penampungan yakni bakteri aerob serta bakteri anaerob. Untuk dapat menguraikan limbah dalam bak butuh waktu kurang lebih 2 bulan, hal tersebut di karenakan kotoran manusia mengandung zat kimia yang bisa menggambarkan tingkat polutan. Untuk bisa menguraikan semua limbah yang ada, tentu saja keberadaan oksigen akan sangat berguna untuk proses penguraian yang lebih cepat.

Lalu bagaimana jika kita bermukim di perkotaan yang notabene hanya memiliki sedikit lahan untuk membuat bak pembuangan limbah, solusi yang mudah adalah memakai septic tank biotech, atau solusi kerjasama dengan membangun satu tangki beserta sumur resapan untuk di gunakan bersama-sama untuk 5 rumah. Cara ini biasa di lakukan bagi para penduduk perkotaan yang tidak memiliki cukup lahan untuk membuat tangki septik pada masing-masing rumah. Tentu saja jika di gunakan untuk lebih dari 2 orang, bak penampungan serta sumur resapan di buat lebih lebar sehingga limbah tidak akan bocor dan meluap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *