Beda Piano dan Keyboard

Perbedaan utama kerja utama antara piano dan keyboard adalah: Sebuah piano adalah instrumen akustik dengan kunci berbobot yang menghasilkan suara dari senarnya ketika pukulan palu kayu. Ketika tombol pada piano ditekan, menghasilkan suara tanpa bantuan elektronik, sedangkan keyboard memiliki kunci yang tidak berbobot dan menggunakan osilator elektronik dan perangkat keras atau perangkat lunak lain untuk membuat suara dengan cara elektronik.

Yang menarik, perbedaan terbesar mungkin jauh lebih terlihat oleh para pemain daripada penonton. Pemain keyboard dengan cepat berkenalan dengan batas “sentuhan” dan “aksi” kunci. Kualitas koneksi taktil ini sangat penting untuk pertunjukan yang benar-benar bagus. Namun, realitas elektronik membatasi sejauh mana sentuhan dan tindakan dapat disesuaikan di semua kecuali yang tertinggi dari keyboard high-end, sedangkan sifat mekanik piano selalu memungkinkan penyesuaian tanpa batas untuk keduanya.

Piano

Ini adalah instrumen Akustik. Suara diproduksi secara alami. Piano, terutama Grand Piano berukuran raksasa hanya karena prinsip lama yang sama dengan alat musik kayu apa pun; untuk menghasilkan suara yang lebih kaya melalui getaran akustik. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa piano akustik mulai memasukkan fitur-fitur elektronik tertentu yang berkaitan dengan perekaman dan pemutaran; ini sering disebut “hibrida,” tetapi dalam hal apapun mekanisme untuk menghasilkan suara tetap akustik.

Mungkin perbedaan yang paling jelas adalah bahwa semua piano memiliki 88 kunci, sedangkan jumlah tombol sering bervariasi di antara keyboard. Memiliki lebih banyak tombol memungkinkan musisi untuk memainkan lebih banyak catatan dan menciptakan suara berbeda yang mungkin tidak dapat dilakukan pada keyboard.

Berikut beberapa perbedaan penting lainnya:

Piano memiliki pedal yang dibangun di atas piano yang meningkatkan suara mereka, sementara keyboard perlu menambahkan pedal.

Piano konser sangat besar dan tidak dapat dipindahkan semudah keyboard.

Sebagian besar pianis konser tampil di auditorium yang khusus dibuat untuk piano untuk menampilkan bakat mereka dengan lebih baik, sementara keyboardis dapat melakukan praktis di mana saja.

Keyboard

Keyboard (atau “piano digital”) biasanya memiliki kunci 49-88, keyboard elektronik, dan beberapa orang mempertahankannya mempengaruhi kualitas suaranya. Namun, perbedaan kecil apa pun yang membedakan telinga dapat terdengar di antara bunyi yang dihasilkan oleh kedua instrumen ini, pada akhirnya, sebagian besar pecinta musik menikmati bunyi dari keduanya.

Keyboard biasanya memiliki menu bank yang dioperasikan dengan suara preset seperti drum, gitar, terompet, dll. Biasanya ketika seseorang mengacu pada keyboard yang membuat perbedaan bahwa keyboard adalah synthesizer. Ketika mengacu pada synth, kita biasanya berbicara tentang instrumen yang memiliki bank suara yang dioperasikan oleh menu seperti halnya keyboard, yang memungkinkan suara preset itu sebagai titik awal untuk divariasikan sedikit atau cukup dramatis dengan mengubah parameter sinyal. Synth juga memungkinkan Anda merekam musik dan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *