Bagaimana Membuat Gitar Rock N Roll, Dari orang AS

Di mana Anda belajar cara membuat gitar?

Di kampung halaman saya, Gomel, Belarusia, ketika masih menjadi bagian dari bekas AS. Pemerintah telah melarang rock ’n ‘roll, untuk memainkan atau mendengarkannya. Tapi kita bisa mendengarnya di radio gelombang pendek. Saya jatuh cinta dengan rock pada usia 12 tahun, dan ingin bermain gitar begitu buruk.

Tapi Anda hanya bisa membeli gitar profesional yang dibuat di Barat melalui pasar gelap untuk setara dengan empat tahun gaji. Pemerintah mengizinkan beberapa untuk dibuat, tetapi mereka begitu buruk sehingga sekarang mereka dijual sebagai contoh instrumen yang mengerikan. Jadi saya belajar sendiri karena kebutuhan.

Bagaimana Anda belajar membuatnya?

Saya menyukai Ritchie Blackmore, gitaris untuk Deep Purple. Saya memiliki fotonya dengan Fender Stratocaster. Saya meledakkan gambar, menjiplaknya ke kertas dan mengukur semuanya untuk skala. Begitulah cara saya meniru desain perimeter.

Kemudian saya menemukan bagian-bagian listrik. Itu tidak begitu sulit: Sebagian besar anak-anak di AS tidak memiliki mainan, jadi kami semua cukup mahir membuat sendiri. Segera saya mulai membuat gitar untuk orang lain, semua di bawah tanah – secara harfiah di bawah tanah, dari gudang bawah tanah di rumah kami.

Bagaimana Anda berakhir di Amerika Serikat? Dan apa yang Anda lakukan saat tiba di sini?

Saya meninggalkan Belarusia pada tahun 1990, ketika saya berusia 26 tahun. Untunglah, pada masa glasnost reformasi terbuka di bawah pimpinan Mikhail Gorbachev. Pintunya sedikit terbuka, jadi pergi tidak sesulit selama Perang Dingin.

Saya pergi pertama ke Chicago, di mana saya tidak punya keluarga atau teman. Saya tidak bisa berbahasa Inggris. Satu-satunya hal yang saya tahu adalah bagaimana membuat gitar, jadi saya melamar di Washburn, sebuah perusahaan gitar. Resume saya adalah beberapa foto gitar hitam-putih yang saya buat kembali ke rumah. Seorang teman Rusia baru bertugas sebagai penerjemah saya untuk wawancara saya.

Mereka mempekerjakan saya sebagai ahli gitar, yang berarti saya menyetem gitar. Setelah beberapa saat, mereka menyadari bahwa saya dapat melakukan lebih dari sekedar mendengarkan gitar, jadi mereka membuat saya menjadi lebih luthier. Saya tinggal di sana 10 tahun, sampai saya mendengar tentang pekerjaan di Fender.

Apa gitar Fender terbaru yang Anda perkenalkan?

Saya membuat satu yang sekarang diproduksi bernama Front Row Legend Esquire. Ini dibuat dari beberapa papan yang bisa diselamatkan dari pohon cedar kuning Alaska berusia 96 tahun dari bangku di Hollywood Bowl ketika tempat itu direnovasi pada tahun 2014. Kayu ini sangat tahan terhadap serangga.

Angka-angka di depan adalah nomor kursi yang sebenarnya, dan lubang-lubang untuk baut yang menahan bangku ke bawah. Jadi gitar – yang sebagai bangku digunakan untuk menjadi penonton bagi para pemain di Bowl seperti Paul Robeson, Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, Louis Armstrong, The Beatles, Bob Dylan, Jimi Hendrix dan banyak lainnya – sekarang adalah pemain itu sendiri. Ini seharga $ 12.000.

Anda membuat gitar yang memenuhi mimpi. Apa detailnya?

Itu sebenarnya kisah aneh tentang kebetulan kosmik. Saya pernah bermimpi untuk membuat gitar sepenuhnya ditutupi dengan daun emas, dari atas ke bawah dan semua bagiannya. Tapi konsepnya terlalu mencolok, terlalu mencolok, jadi saya mengesampingkan ide itu.

Kemudian pada suatu hari di tahun 2010, seorang perwakilan pelanggan Fender datang ke bilik saya dan bertanya apakah saya dapat membuat Stratocaster ditutupi dengan daun emas. Saya bertanya siapa kliennya, dan dia berkata Prince, yang juga pernah bermimpi bermain gitar untuk tur “Welcome 2 America”. Dia akhirnya melelangnya untuk memanfaatkan Harlem Children’s Zone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *